; :

Selasa, 10 April 2012

Tips Membuat Usaha Telur Asin

Selasa, 10 April 2012

 

Jahe Merah Karomah | Herbacenter Subang

Tips Membuat Usaha Telur Asin



Diantara bisnis yang bisa kita lakoni adalah membuat usaha telur asin. Namun diantara kekurangan usaha ini adalah membutuhkan proses waktu yang lumayan lama, serta membutuhkan modal yang berlipat pula. artinya jika target produksi / hari hasilnya seratus butir telur, maka kita memerlukan modal sekitar minimal untuk 1400 butir telur sampai dengan 2100 butir telur. Ini agar hasil produksi bisa berjalan secara terus setiap harinya. 

Sebagai gambaran, jika saat ini harga telur bebek mentah @Rp. 800, - maka jika dikalikan 1400 saja kebutuhan modalnya sekitar Rp. 1.120.000, - , ditambah biaya produksi semisal membeli abu gosok, garam, ember, dll.. 

Kelebihan usaha ini adalah sedikitnya biaya produksi, karena yang terjadi penyusutan hanya pada menambah abu gosok / bubuk bata merah serta garam saja. 

Nah apapun itu, keputusan kembali kepada anda, apakah usaha ini layak anda lirik atau tidak. Hanya saja , kesuksesan itu biasanya muncul dari ketekunan dan ulet didalam usaha, dan tentunya tidak menafikan do'a pula loh ya.. 

Oke deh, simak yu ah caranya 

Cara Pembuatan Telur Asin
Telor asin atau telur asin merupakan salah satu jenis pengawetan untuk telur. Hal ini dimaksudkan agar telur dapat bertahan lebih lama. Lalu bagaimana cara membuattelur asin ini? Ternyata cara untuk membuat telur asin tidak terlalu susah. Berikut ini cara untuk membuat telur asin.
  1. Pilih telur yang bermutu baik .
  2. Cucilah telur dan bersihkan telur dari kotoran yang melekat. Lebih baik lagi bila menggunakan air hangat. Atau airnya bisa diberi sedikit Citrun Acid agar kotorannya terbantu terkelupas. 
  3. Keringkan telur yang telah dicuci tersebut. Gunakan lap agar proses dapat berjalan lebih cepat.
  4. Amplas seluruh permukaan telur secara merata agar pori-porinya terbuka. Ketika mengamplas jangan terlalu lama sebab kulit telur akan semakin tipis sehingga akan semakin mudah retak atau pecah.
  5. Buat adonan pengasin. Pertama-tama buat campuran abu gosok dan garam dengan perbandingan 1:1. Setelah itu tambahkan air secukupnya sampai membentuk pasta. Selain abu gosok dapat juga menggunakan bubuk bata merah.
  6. Bungkus setiap telur dengan adonan secara merata di permukaan telur dengan tebal ±2 mm.
  7. Simpan telur dalam ember plastik selama 2-3 minggu dan letakkan pada ruang terbuka.. Semakin lama disimpan kadar garam dalam telur akan semakin tinggi sehingga telur akan semakin awet tetapi rasanya akan semakin asin.
  8. Setelah selesai bersihkan telur dan pastikan telur tetap dalam keadaan utuh dan bagus.
  9. Bila  ingin telur asin dapat lebih tahan lama, rendam telur dalam larutan teh selama ± 1 minggu. Hal ini dilakukan agar zat tanin yang terkandung dalam daun teh dapat menutupi pori-pori kulit telur yang sebelumnya terbuka akibat proses pengampelasan.
  10. Bersihkan dan rebus telur asin hingga benar-benar masak.
Selain cara diatas, ada juga cara yang instant dengan menyuntikkan air garam kedalam telurnya, namun cara ini bisa berbahaya karena bisa jadi tidak sterilnya jarum yang digunakan berulang membuat kuman menyusup didalam telur, dan sayangnya cara ini banyak digunakan oleh pedagang yang ingin cepat meraup keeuntungan dengan tak memikirkan efek bahayanya bagi si konsumennya ..

Berikut merupakan komposisi nilai gizi yang terkandung dalam telur .

KomposisiSatuanTelur AyamTelur Bebek (Itik)Telur Bebek Asin
Kalorikal162189195
Proteing12,813,113,6
Lemakg11,514,313,6
Hidrat arangg0,70,81,4
Kalsiummg5456120
Fosformg180175157
Besimg2,72,81,8
Vitamin AS.I.9001230841
Vitamin B-1mg0,100,180,28
Airg7470,866,5



Terima Kasih Atas Kunjungan Anda, Semoga Anda Merasa Nyaman Disini - By. Marketing Online Jahe Merah Karomah | Muhammad Yusuf

Bagikan Ini Ke :
Di Posting Oleh Muhammad Yusuf - 20.10.00 | it's an information blog Print Ini

Ditulis Oleh : Admin Web Distributor Jahe Merah Karomah ~ Marketing Online Jahe Merah Karomah

Artikel Tips Membuat Usaha Telur Asin ini diposting oleh Admin Web Distributor Jahe Merah Karomah pada hari Selasa, 10 April 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui Buku Tamu Kami. Salam Hormat : Muhammad Yusuf | Marketing Online Jahe Merah Karomah.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan tuliskan komentar anda :

Langganan

Banyak Di Lihat Pengunjung